Apakah Aman Mewarnai Rambut Dalam Masa Kehamilan?

20100131

Apakah Aman Mewarnai Rambut Dalam Masa Kehamilan?

Apakah Aman Mewarnai Rambut Dalam Masa Kehamilan?

Infowanita.com - Rambut adalah mahkota bagi wanita. Maka tidak heran jika wanita banyak yang melakukan pewarnaan terhadap rambutnya agar tampak lebih modis dan gaya. Mewarnai rambut banyak dilakukan oleh para wanita baik tua maupun muda. Pewarnaan rambut sering kali menggunakan cat-cat rambut yang berasal dari bahan-bahan kimia, oleh karena itu hal ini tidaklah mengganggu bagi wanita yang tidak hamil karena tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Lalu bagaimana dengan wanita yang sedang hamil, apakah bahan kimia yang terkandung dalam cat rambut aman untuk janin yang dikandung?

Selama bertahun-tahun telah dilakukan percobaan mengenai bahan kimia pewarnaan rambut terhadap binatang. Hasil penelitian menunjukan, bahwa dari seluruh binatang yang dijadikan percobaan, hanya sedikit yang menunjukkan bahwa bahan kimia cat rambut menjadi teratogenik (penyebab cacat lahir pada anak). Percobaan ini dilakukan pada binatang dengan menggunakan dosis bahan kimia cat rambut yang jauh lebih besar dibandingkan dengan wanita yang sering mewarnai rambutnya setiap satu bulan sekali.

Menurut sebuah organisasi di Amerika yang bernama The Organization of Teratology Information Services, yang bergerak dalam masalah reproduksi wanita menyatakan bahwa penggunaan cat rambut selama masa kehamilan adalah aman. Hal ini dilihat bahwa cat rambut telah lama dipakai oleh wanita dan sangat sedikit data serta belum adanya bukti yang menunjukkan bahwa bahan kimia yang terdapat dalam cat rambut dapat menyebabkan cacat lahir pada anak. Hal ini juga dikatakan oleh Ann E. Linden, seorang aktivis dan ahli kebidanan lulusan University of North Carolina's School, bahwa penggunaan cat rambut selama masa kehamilan adalah aman. Namun ia menyarankan penggunaan cat rambut digunakan setelah kehamilan berusia lebih dari tiga bulan. Hal ini dilakukan karena belum adanya informasi yang cukup yang menjamin bahwa bahan kimia yang terkena di kulit kepala aman selama kehamilan dan juga belum adanya bukti bahwa penggunaan cat rambut merupakan penyebab cacat lahir serta setelah kehamilan mencapai usia tiga bulan maka bayi telah melampaui tahap organogenesis yaitu tahap dimana terjadi pertumbuhan organ tubuh seperti tangan, mata dan kaki sehingga kemungkinan tidak akan membuat bayi cacat.

Karena hal tersebut maka jika ingin menggunakan cat rambut disarankan untuk menggunakan cat rambut yang berasal dari tumbuh-tumbuhan sebagai alternatif penggunaan selama masa kehamilan. Kini banyak sekali dijual cat rambut Herbal di pasaran bebas. Namun berhati-hatilah dengan cat rambut herbal yang terdapat di pasaran bebas ini. Walaupun didalamnya terdapat bahan-bahan herbal tetapi kita harus pintar melihat komposisi cat rambut tersebut karena di dalam komposisi cat rambut biasanya terdapat bahan-bahan sintesis yang berbahaya bagi tubuh seperti phenylenediamine, dihydroxybenzene, dan aminophenol. Salah satu cat rambut yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan aman digunakan adalah hena. Warna-warna yang terdapat di dalam hena sangat aman digunakan untuk wanita yang sedang hamil karena tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh.

Dengan menggunakan cat rambut yang aman, maka wanita yang sedang hamil pun dapat tampil dengan modis dan gaya tanpa harus membahayakan janin yang dikandungnya.

(www.babycenter.com)

0 komentar :

Posting Komentar

Paling dicari