MEMPELAJARI GOOLE ADWORDS

20091216

Membuat akun

Membuat akun AdWords dan mulai beriklan di Google dapat dilakukan dengan mudah. Mulai dengan mengunjungi situs AdWords di https://adwords.google.co.id, lalu klik Aktifkan sekarang.


Memilih nama pengguna

Kini Anda harus memilih nama pengguna dan sandi untuk akun AdWords. Karenanya, Anda akan menggunakan Akun Google (info masuk utama untuk semua produk Google) yang menetapkan alamat email dan sandi yang digunakan untuk masuk ke AdWords.

Pelajari selengkapnya mengenai Akun Google

Bila Anda membuat account AdWords, Anda akan ditanya apakah akan menggunakan account login Google yang sudah ada untuk AdWords. Bagaimana cara mengetahui bahwa saya telah memiliki Account Google?

Google Account adalah sebuah email dan sandi yang digunakan untuk beberapa layanan Google, termasuk Gmail, Google Groups, Google Alerts, Daftar Belanja Froogle, Pencarian yang Telah Dipersonalisasi, dan Situs yang Telah Dipersonalisasi. Jika saat ini Anda menggunakan salah satu layanan tersebut, berarti Anda telah memiliki account Google yang dapat digunakan untuk AdWords.

Untuk memastikan apakah Anda benar-benar telah memiliki account Google adalah dengan mengunjungi halaman Bantuan Google Account. Masukkan email yang sering Anda gunakan, kemudian ikuti langkah-langkah sebagai berikut. Jika Anda mengenali bahwa alamat email terkait dengan Google Account, kami akan mengirimkan email berisi link untuk mengatur ulang sandi Google Account Anda. Jika kami tidak mengenali alamat email Anda, kami akan memberitahu Anda.

Jika Anda tidak memiliki Google Account atau masih ragu, tidak perlu khawatir. Anda dapat membuat Google Account baru saat membuat account AdWords.

Menyimpan data alamat email dan sandi yang Anda pilih. Untuk memastikan keamanan akun, jangan bagi detail ini dengan pengguna lain.

Memilih mata uang

Pilih mata uang yang akan Anda gunakan untuk membayar biaya iklan ke Google. Pembayaran akan diminta dan diterima hanya dalam mata uang yang Anda pilih. Ketersediaan opsi pembayaran mungkin memengaruhi mata uang yang Anda pilih, jadi pastikan memeriksa ulang opsi pembayaran yang tersedia .

Anda tidak dapat mengubah mata uang penagihan yang telah Anda pilih untuk akun AdWords. Maka, pilihlah dengan cermat.

Memverifikasi akun

Jika menggunakan Akun Google yang ada untuk membuat akun AdWords, kini Anda dapat masuk ke akun AdWords di https://adwords.google.co.id

Jika membuat Akun Google baru yang akan digunakan untuk AdWords, Anda akan menerima email yang meminta Anda memverifikasi alamat email. Klik tautan yang diberikan dalam email tersebut, lalu masuk ke akun AdWords menggunakan alamat email dan sandi yang Anda pilih.

Mengirimkan informasi penagihan

Anda dapat menjelajahi akun AdWords tanpa mengirimkan informasi penagihan. Namun, akun tidak akan diaktifkan dan iklan tidak akan berjalan hingga Anda memberikan detail penagihan. Untuk mempelajari cara memasukkan informasi penagihan dan menjalankan iklan, lihat bagian mengaktifkan iklan.

Selanjutnya: Membuat kampanye

Membuat kampanye

Kini giliran bagian yang menyenangkan! Membuat kampanye dan iklan untuk mempromosikan bisnis Anda. Dalam akun Anda, klik tombol "Buat kampanye pertama". Berikut adalah beberapa pilihan untuk kampanye iklan Anda:


Setelan kampanye

  • Pemirsa: Memilih bahasa penulisan iklan dan lokasi calon pelanggan. Setelan ini menentukan bahasa dan lokasi geografis pengguna yang melihat iklan. Pelajari selengkapnya di bagian penargetan iklan panduan ini.

  • Jaringan dan perangkat
    Pilih apakah iklan akan muncul hanya di hasil penelusuran Google atau juga di situs mitra Google. Setelan tersebut secara bawaan akan menampilkan iklan kepada pemirsa relevan terluas di seluruh Google dan Jaringan Google.

  • Anggaran harian
    Masukkan jumlah rata-rata yang akan Anda belanjakan setiap hari untuk kampanye iklan ini. Anggaran Anda akan membantu menentukan frekuensi penayangan iklan setiap hari. Pelajari selengkapnya di bagian anggaran harian.

  • BPK Maksimum
    Masukkan jumlah maksimum yang akan Anda bayarkan setiap kali pengguna mengklik iklan Anda. Tawaran Anda akan membantu menentukan frekuensi penayangan dan posisi iklan pada laman. Pelajari selengkapnya di bagian penawaran.

Iklan

  • Iklan teks akan mencakup judul, dua baris teks keterangan, URL tayangan yang menampilkan alamat situs web, dan URL tujuan yang menentukan laman situs web yang akan dilihat pengguna setelah mengklik iklan. Pelajari selengkapnya di bagian dasar-dasar iklan.

Kata kunci

  • Kata kunci adalah kata atau frasa yang digunakan calon pelanggan untuk menelusuri layanan atau produk Anda di Google. Kata kunci menentukan penelusuran yang dapat memicu iklan Anda. Maka, masukkan kata kunci yang secara khusus menjelaskan produk atau layanan Anda. Pelajari selengkapnya di bagian dasar-dasar kata kunci.

Pastikan Anda meninjau dan mematuhi kebijakan kami.

Semua akun AdWords, iklan, dan kata kunci harus mematuhi kebijakan periklanan . Pastikan Anda meninjau semua kebijakan dan panduan yang berlaku untuk jenis iklan dan lokasi yang ditargetkan.

Beberapa iklan tidak akan berjalan hingga selesai ditinjau. Jika tidak sesuai dengan kebijakan, kami tidak akan menayangkan iklan dan Anda akan memperoleh pemberitahuan melalui email. Anda akan melihat status "Ditolak" dalam subtab Iklan pada tab Kampanye. Jika disetujui, iklan akan mulai berjalan dan Anda akan melihat pembaruan status pada tab Iklan.

Selanjutnya: Mengaktifkan iklan

Mengaktifkan akun

Setelah kampanye pertama dibuat, pastikan bahwa iklan dapat mulai muncul kepada calon pelanggan. Untuk mulai menjalankan iklan, Anda harus memasukkan informasi penagihan yang valid dan menetapkan detail kampanye seperti anggaran harian.


Memilih opsi pembayaran

Ada beberapa cara membayar iklan AdWords Anda. Opsi pembayaran dapat berbeda bergantung pada negara dan mata uang Anda. Pelajari opsi yang tersedia untuk Anda .

Mengirimkan informasi penagihan

Langkah pertama adalah memasukkan informasi penagihan yang valid ke akun AdWords.

  1. Masuk ke akun di https://adwords.google.co.id
  2. Klik tautan "Harap kirim informasi pembayaran Anda" di dekat bagian atas laman akun Anda.
  3. Anda akan diperlihatkan semua opsi penagihan yang tersedia untuk negara dan mata uang Anda.
  4. Tentukan pilihan Anda, dan ikuti langkah-langkah memasukkan informasi penagihan. Atau, lihat petunjuk langkah-demi-langkah .

Punya kode promosi? Pelajari cara menggunakannya . Sebagian besar kode promosi memiliki tanggal kedaluwarsa. Maka, Anda harus menerapkan kode tersebut segera setelah membuat akun.

Mengirimkan informasi cadangan

Sebaiknya masukkan kartu kredit cadangan dalam akun. Dengan demikian, iklan Anda tidak akan berhenti berjalan jika salah satu pembayaran tidak berhasil. Pelajari lebih lanjut mengenai kartu kredit cadangan .

Kini akun AdWords Anda telah aktif!

Untuk beberapa akun, iklan akan layak untuk mulai muncul di Google segera setelah Anda memasukkan informasi penagihan. Akun lain mungkin memerlukan hingga seminggu sebelum iklan dapat mulai berjalan. Hal ini bergantung pada jenis metode penagihan yang digunakan akun. Pelajari lebih lanjut mengenai ketika iklan mulai dijalankan .


Selanjutnya: Mempelajari akun Anda

Menavigasi akun

Luangkan waktu untuk menjelajahi akun dan membiasakan diri dengan laman dan tab di dalamnya. Kami telah meringkas dasar-dasarnya di bawah.


Masuk ke AdWords

Pastikan bahwa Anda mengetahui tempat untuk masuk ke akun AdWords di https://adwords.google.co.id . Masukkan alamat email dan sandi Akun Google, lalu klik Masuk.

Anda mungkin ingin menetapkan bookmark untuk https://adwords.google.co.id agar mudah mencarinya setiap kali Anda ingin memeriksa akun.

Tidak dapat masuk? Gunakan pemecahan masalah "Saya tidak dapat masuk" .

Bagian akun

Ada enam tab utama di akun AdWords: Beranda, Kampanye, Peluang, Laporan, Penagihan, dan Akun saya. Setiap tab mungkin memiliki satu atau lebih sublaman yang dapat Anda tampilkan dengan mengkliknya.

  1. Beranda: Tab ini berisi laman Cuplikan Akun, yaitu ringkasan informasi penting akun yang mudah dibaca.

  1. Kampanye: Inilah tempat Anda menghabiskan sebagian besar waktu selagi mengelola akun AdWords. Di sini Anda dapat membuat dan mengedit kampanye, iklan, kata kunci, dan setelan kampanye. Dapatkan ringkasan kinerja akun dengan menampilkan grafik ringkasan kinerja.

  1. Peluang: Mencari gagasan tentang cara meningkatkan kinerja. Anda juga dapat mencari alat akun untuk membantu mengelola akun atau meningkatkan keberhasilan iklan.

  1. Laporan: Jika Anda baru saja memulai AdWords, tab Kampanye berisi semua laporan yang Anda perlukan pada tahap awal. Untuk laporan yang lebih terinci, tab Laporan mencakup Google Analytics (untuk melacak kinerja situs web) dan Pusat Laporan (untuk melacak keberhasilan iklan, kata kunci, dan kampanye). Pelajari selengkapnya opsi laporan di bagian menilai kinerja dari panduan ini.

  1. Penagihan: Memasukkan dan mengubah rincian penagihan, melihat seluruh riwayat penagihan, dan mencetak faktur. Pelajari selengkapnya di bagian penagihan dari panduan ini.

  1. Akun saya: Mengatur informasi pribadi seperti info masuk dan preferensi pengguna. Anda juga dapat mengundang teman atau rekan kerja untuk mengelola akun AdWords dari sini.

Berikutnya: Struktur akun

Struktur akun

Akun AdWords terdiri atas tiga tingkat: akun, kampanye, dan grup iklan. Berikut adalah ikhtisar struktur dan beberapa saran tentang cara terbaik mengatur iklan agar memperoleh maksimal dari akun AdWords.


Cara mengatur akun

account organizationAkun AdWords disusun ke dalam tiga bagian: akun, kampanye, dan grup iklan.

Berikut adalah ringkasan singkat tentang setiap tingkat akun:

  • Akun Anda terkait dengan alamat email, sandi, dan informasi penagihan yang unik.

  • Kampanye iklan akan memiliki opsi penargetan dan anggaran sendiri untuk menentukan tempat penayangan iklan.

  • Grup iklan berisi sekumpulan iklan dan daftar kata kunci yang akan memicu penayangan iklan.

Memperluas iklan

Saat Anda membuat iklan AdWords untuk pertama kalinya, akun akan berisi hanya satu grup iklan untuk menampung iklan dan kata kunci. Anda akan melihat akun dengan iklan dan kata kunci serta mungkin tidak menyadari struktur kampanye dan grup iklan yang dijelaskan di atas.

Jika ingin mengiklankan beberapa produk, layanan, atau situs web, Anda harus membuat kampanye dan grup iklan baru. Cukup mengklik tombol "Buat kampanye baru". Segera setelah membuat kampanye atau grup iklan baru,Anda akan melihat struktur pohon navigasi di samping akun. Ini memungkinkan Anda untuk dengan cepat beralih ke kampanye atau grup iklan yang diinginkan.

Kiat: Sebaiknya atur akun AdWords agar mencerminkan struktur umum situs web Anda. Lihat contoh di bawah.

Contoh:

Peritel elektronik memiliki dua jenis produk untuk dijual di situs web mereka: televisi dan kamera. Untuk mengatur akun secara efektif, mereka harus membuat kampanye terpisah bagi setiap produk. Dalam setiap kampanye ini, mereka dapat membuat grup iklan baru untuk setiap jenis produk. Misalnya, mereka dapat memiliki satu grup iklan untuk setiap merek TV atau setiap jenis kamera. Ini memungkinkan semua iklan dan kata kunci cocok dengan produk yang dipromosikan.

Akun

Toko elektronik daring

Kampanye

Kampanye

Televisi

Kamera

Grup iklan

Grup iklan

Grup iklan

Grup iklan

TV layar datar

TV plasma

Kamera digital

Kamera kompak

Dengan membuat kampanye berstruktur baik berdasarkan tema atau produk, Anda akan memperoleh lebih dari sekedar akun yang mudah dikelola dan teratur. Anda juga akan memiliki sekumpulan iklan dan kata kunci yang saling terkait langsung. Ini akan membantu meningkatkan Angka Mutu sehingga biaya tetap rendah. Pelajari selengkapnya pentingnya relevansi pada laman berikut dari panduan ini.

Selanjutnya: Mempelajari pentingnya relevansi dalam akun Anda

Pentingnya relevansi

Elemen penting akun yang berhasil adalah relevansi iklan, kata kunci, dan situs web. Untuk mendorong iklan bermutu tinggi, Google menggunakan ukuran yang disebut dengan Angka Mutu yang memengaruhi kinerja dan biaya iklan.


Alasan pentingnya relevansi

Relevansi mengacu pada manfaat informasi (misalnya iklan, kata kunci, atau laman landas) bagi pengguna. Selain kualitas, relevansi terutama dinilai oleh yang kami sebut Angka Mutu. Sistem AdWords dirancang agar sedapat mungkin sesuai dengan kebutuhan pengguna akan iklan paling relevan. Ini akan membantu memastikan pengguna menemukan yang dicarinya melalui pemanfaatan iklan AdWords yang memberikan bukan hanya pengalaman positif, namun juga peluang lebih besar bagi keberhasilan iklan.

Mengapa AdWords menilai mutu?

Sejak peluncuran mesin telusur Google, mutu sudah sangat penting bagi tim Google. AdWords dimulai dengan sasaran untuk menggabungkan iklan bertarget jelas dan hasil penelusuran yang sangat relevan. Jadi, kami membuat sistem AdWords untuk memberi penghargaan dan mempromosikan iklan paling efektif dan bertarget baik dalam sistem kami. Ini membantu menjaga, atau bahkan meningkatkan, nilai iklan AdWords, bagi pengiklan maupun pengguna.

Apakah itu iklan bermutu tinggi?

Iklan bermutu tinggi menggunakan teks iklan dan kata kunci yang relevan serta taut ke laman landas yang paling relevan. Jenis iklan ini lebih efektif bagi pengiklan dan lebih relevan bagi pengguna. Misalnya, jika iklan untuk usaha pialang real estat menggunakan kata kunci rumah, kata ini mungkin terlalu umum, sehingga tidak sangat relevan bagi pengguna. Banyak kemungkinan penelusuran pengguna di mana pengguna dapat menyertakan kata kunci rumah tanpa bermaksud mencari pialang real estat, misalnya: sewa rumah di Hawaii, dekorasi rumah, renovasi rumah, dsb. Iklan bermutu tinggi akan menggunakan kata kunci yang bertujuan menargetkan pengguna yang paling beminat pada bisnis atau layanan yang diiklankan, misalnya beli rumah New York, jual rumah Madrid, real estat California, dst.

Cara kami memasukkan penilaian mutu dalam harga.

Kami tahu bahwa cara terbaik menjaga sasaran adalah memasukkan penilaian mutu ke dalam harga AdWords. Salah satu alat utama kami adalah harga yang berdasarkan mutu. Artinya, kami membebankan biaya per klik (BPK) lebih rendah untuk iklan yang lebih relevan dan BPK lebih tinggi untuk iklan yang kurang relevan.

Fokus pada mutu ini bermanfaat untuk menekan biaya bagi pengiklan, mendorongnya menciptakan kampanye iklan bermutu tinggi bagi bisnis atau layanannya. Ini pada gilirannya mendorong pengguna mengklik iklan lebih sering, dan membuat pengiklan maupun pengguna tetap puas dengan iklan AdWords. Kami ingin membantu Anda menemukan skenario AdWords terbaik: suatu kampanye iklan yang sesuai dengan anggaran ber-BPK rata-rata rendah, rasio klik-terusan tinggi, dan laba atas investasi besar.

Pelajari selengkapnya keseluruhan filosofi program AdWords kami.

Dasar-dasar Angka Mutu

Angka Mutu merupakan cara mengetahui relevansi iklan, kata kunci, dan laman web. Angka Mutu membantu memastikan bahwa hanya iklan yang paling relevan yang muncul kepada pengguna di Google dan Jaringan Google.

Ada beberapa jenis Angka Mutu yang dapat diterapkan pada kampanye:
1. Angka Mutu Kata Kunci (memengaruhi tempat dan cara penayangan iklan di Google dan Jaringan Penelusuran)
2. Angka Mutu Iklan (memengaruhi tempat dan cara penayangan iklan di Jaringan Konten)

Angka Mutu diberikan untuk setiap iklan dan kata kunci. Angka Mutu dihitung menggunakan berbagai faktor sebagai berikut:

  • riwayat rasio klik-tayang (RKT) kata kunci tertentu
  • riwayat RKT semua iklan dan kata kunci di akun
  • mutu laman landas, laman situs web yang tertaut dengan iklan
  • Relevansi kata kunci dengan iklan dalam grupnya
  • faktor relevansi lainnya

Bagaimanakah cara mengetahui Angka Mutu?

Anda dapat menemukan gambaran Angka Mutu kata kunci di tiga tempat: statistik akun, bidang Analisis Kata Kunci, dan laporan akun. Berikut ini rincian tentang setiap metode.

Statistik akun

Untuk menemukan gambaran Angka Mutu kata kunci dalam statistik akun:

Bidang Analisis Kata Kunci

Kunjungi bidang Analisis Kata Kunci untuk melihat rincian Angka Mutu kata kunci. Ini tampilan lebih rinci dari peringkat 'Buruk/Baik/Hebat' yang ditampilkan dalam statistik akun.

Laporan akun

Anda dapat menjalankan laporan Kinerja Kata Kunci yang mencakup rincian Angka Mutu semua kata kunci. Saat menjalankan laporan, pastikan bahwa Anda mencentang kotak Rincian Angka Mutu Kata Kunci. Opsi ini muncul di bagian Tambah atau Hapus Kolom dalam Setelan Lanjut.

Dampak Angka Mutu

Angka Mutu dapat memiliki pengaruh luas pada kinerja akun. Maka, pastikan Anda memahami dampaknya dan cara meningkatkan kualiatas Anda.

Berikut adalah beberapa hal utama yang dapat dipengaruhi Angka Mutu:

  1. Biaya: Semakin tinggi Angka Mutu kata kunci, semakin rendah harga yang Anda bayar untuk setiap klik (yakni biaya per klik yang sebenarnya)

  1. Kelayakan iklan untuk tampil: Kata kunci dengan Angka Mutu tinggi layak mengikuti lelang dengan mudah dan biaya rendah.

  1. Posisi iklan: Peringkat iklan pada laman didasarkan pada Angka Mutu kata kunci dan tawaran biaya per klik (BPK).

Secara ringkas, Angka Mutu menghitung relevansi kata kunci, grup iklan, dan laman web terhadap penelusuran pengguna. Hal ini membantu menentukan waktu dan tempat iklan Anda muncul. Semakin tinggi Angka Mutu kata kunci, maka biaya per klik (BPK) akan semakin rendah dan posisi iklan semakin semakin.

Pastikan akun Anda disiapkan agar memperoleh Angka Mutu yang tinggi. Ikuti kiat kata kunci, iklan, serta kiat kinerja lainnya untuk memastikan akun Anda sangat bertarget dan sesuai agar memiliki kinerja yang baik.

Selanjutnya: Terminologi dasar

Terminologi dasar

Meskipun Anda baru di iklan daring atau hanya baru di AdWords, ada beberapa istilah yang mungkin asing bagi Anda. Berikut adalah ikhtisar singkat tentang beberapa bahasa iklan.


Kami menyadari bahwa istilah dan singkatan AdWords tertentu mungkin tidak umum bagi semua pengiklan. Untuk mempermudah, kami telah membuat daftar istilah lengkap.

Berikut adalah beberapa istilah paling umum yang akan Anda lihat:

Kata Kunci
Kata kunci yang Anda buat bagi grup iklan tertentu akan digunakan untuk menargetkan iklan ke calon pelanggan. Misalnya, jika Anda mengirimkan bunga segar, Anda dapat menggunakan kata kunci 'pengiriman bunga segar' dalam kampanye AdWords. Bila pengguna Google memasukkan 'pengiriman bunga segar' dalam pencarian Google, iklan Anda akan muncul di sebelah hasil pencarian. Iklan Anda juga akan muncul di situs dalam Jaringan Google yang terkait dengan kata kunci. Lihat definisi lengkap.

Penempatan
Penempatan adalah situs Web pilihan, atau subrangkaian halaman maupun unit iklan di situs yang diinginkan untuk menampilkan iklan. Anda dapat menambahkan penempatan ke grup iklan manapun, karena penempatan dapat berfungsi sendiri atau dengan kata kunci untuk menentukan lokasi tampilan iklan.

Grup Iklan
Grup iklan terdiri dari satu atau beberapa iklan yang menargetkan sekumpulan kata kunci. Anda menetapkan harga maksimum yang akan dibayarkan untuk daftar kata kunci grup iklan atau setiap kata kunci dalam grup iklan. Lihat definisi lengkap.

Kampanye
Kampanye yang Anda buat dalam account AdWords akan digunakan untuk mengatur produk atau layanan yang akan diiklankan. Dalam setiap kampanye, Anda dapat membuat satu atau beberapa grup iklan. Meskipun kampanye merupakan kategori produk yang umum, namun grup iklan dalam kampanye tersebut dapat lebih difokuskan pada produk tertentu yang akan diiklankan. Lihat definisi lengkap.

Tayangan (Tayang)
Jumlah tayangan adalah frekuensi penayangan iklan di Google atau Jaringan Google.

Pilihan Pencocokan Kata Kunci
Berikut adalah empat jenis pencocokan kata kunci: pencocokan umum, pencocokan sama persis, pencocokan frasa, dan kata kunci negatif. Pilihan tersebut akan membantu Anda mempersempit penargetan iklan pada halaman pencarian Google. Lihat definisi lengkap.

BPK (biaya per klik)
Dengan AdWords, Anda dapat memilih jumlah maksimum yang akan dibayarkan setiap kali pengguna mengklik iklan. Jumlah ini disebut tawaran BPK maks. (biaya per klik maksimum). Pemotong Harga AdWords akan secara otomatis menurunkan biaya berdasarkan setiap kasus agar Anda hanya dikenakan biaya minimum yang diperlukan untuk mempertahankan posisi iklan pada halaman. Dengan menetapkan tawaran BPK yang lebih tinggi, Anda dapat membantu meningkatkan posisi iklan pada halaman.

BPT (biaya per seribu tayang)
Dengan beberapa kampanye, Anda juga dapat memilih jumlah maksimum yang akan dibayarkan untuk setiap seribu tayangan atau tampilan iklan Anda. Jumlah ini disebut BPT maksimum. (Penawaran BPT tersedia untuk kampanye yang tidak menargetkan situs mitra pencarian atau pencarian Google.) Seperti BPK maksimum, Pemotong Harga AdWords akan mengurangi jumlah tersebut, sehingga Anda tidak harus selalu membayar sebesar jumlah BPT maksimum yang ditetapkan. Kampanye bertarget penempatan dapat menggunakan penawaran BPT atau BPK, namun tidak keduanya.

Selanjutnya: Mempelajari tentang biaya dan penagihan

Mengendalikan biaya

AdWords memberikan kendali penuh atas pembelajaan Anda. Tidak ada persyaratan pembelanjaan minimum; jumlah yang Anda bayarkan untuk AdWords terserah kepada Anda.


Harga dan biaya

AdWords tidak memiliki persyaratan pembelanjaan minimum. Anda hanya dikenakan satu kali biaya pengaktifan. Lihat biaya pengaktifan untuk akun Anda. Setelah biaya pengaktifan tersebut, jumlah yang dibayarkan untuk AdWords tergantung pada Anda.

Anda mengendalikan biaya dengan beberapa cara:

  1. Anggaran harian
  2. Tawaran
  3. Mutu iklan

Anggaran harian

Anda bebas menetapkan anggaran. Anggaran harian haruslah jumlah yang nyaman Anda belanjakan bagi kampanye itu setiap hari. Meskipun biaya mungkin sedikit bertambah atau berkurang dari jumlah tersebut, anggaran Anda menetapkan belanja harian rata-rata maksimum sepanjang bulan. Anda dapat mengedit anggaran harian kampanye sesering mungkin. Cara menyesuaikan anggaran

Berikut ini dua cara mengubah anggaran kampanye.

Untuk mengubah dengan cepat anggaran kampanye iklan, ikuti langkah-langkah berikut:

Anda juga dapat mengubah anggaran kampanye dari tab Setelan kampanye itu:

Catatan: Anggaran harian berlaku untuk satu kampanye, bukan belanja iklan total. Misalnya, jika Anda memiliki tiga kampanye iklan dengan anggaran harian masing-masing Rp50.000, belanja iklan harian maksimum mungkin menjadi Rp150.000.

Anggaran harian menentukan frekuensi penayangan iklan sepanjang hari. Jika anggaran rendah, iklan Anda tidak akan muncul setiap kali ditelusuri. Kami akan menampilkan iklan dalam kampanye sesering mungkin untuk mencapai anggaran harian Anda. Bila anggaran terpakai habis, biasanya iklan akan berhenti ditayangkan pada hari itu.

Untuk membantu menetapkan anggaran harian yang memaksimalkan penjelajahan iklan, AdWords akan memberikan saran anggaran harian dalam akun.
Cara mengetahui anggaran yang disarakan

Untuk mengetahui saran anggaran harian bagi kampanye Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

Catatan: Anggaran harian berlaku untuk satu kampanye, bukan belanja iklan total. Misalnya, jika Anda memiliki tiga kampanye iklan dengan anggaran harian masing-masing Rp50.000, belanja iklan harian maksimum akan menjadi Rp150.000.

Tawaran

Opsi penawaran paling umum adalah Biaya per klik (BPK). Tawaran BPK menentukan jumlah yang bersedia Anda bayarkan setiap kali pengguna mengklik iklan bila ditampilkan di Google atau salah satu situs mitra kami.

Secara umum, tawaran BPK yang lebih tinggi memungkinkan iklan tampil pada posisi lebih tinggi di laman. Jumlah tawaran Anda digabungkan dengan Angka Mutu untuk menentukan posisi iklan pada laman. Pelajari selengkapnya di bawah.

Biaya sebenarnya akan cenderung kurang dari tawaran yang Anda pilih. Pendiskon AdWords berfungsi sehingga biasanya Anda membayar kurang dari jumlah BPK yang Anda tetapkan. Pelajari selengkapnya

Penekan Biaya AdWords memonitor persaingan para pemasang iklan dan secara otomatis menurunkan BPK Anda agar Anda sebisa mungkin membayar harga terendah untuk posisi iklan Anda di halaman kami.

Untuk mempelajari cara memilih tawaran yang tepat, lihat bagian dasar-dasar kata kunci.

Mutu iklan

Mutu adalah faktor terpenting dalam menentukan jumlah yang akan Anda bayarkan bila pengguna mengklik iklan bertarget kata kunci. Semakin tinggi Angka Mutu, semakin rendah jumlah yang Anda bayar untuk suatu posisi iklan, begitu juga sebaliknya. Pelajari selengkapnya di bagian Angka Mutu.

Anda dapat meningkatkan kinerja iklan tanpa menambah biaya dengan memperbaiki mutu iklan, kata kunci, dan setelan. Untuk mempelajarinya, lihat bagian meningkatkan kinerja.

Selanjutnya: Penagihan

Penagihan

Pelajari selengkapnya proses penagihan AdWords agar Anda tahu yang akan dihadapi. Kami telah menjelaskan dasar-dasarnya di bawah.


Opsi penagihan

Proses dan opsi penagihan berbeda bergantung negara dan mata uang Anda. Anda akan melihat opsi yang tersedia ketika menetapkan informasi penagihan dan kapan saja Anda menambah bentuk pembayaran .

Kami menyarankan dengan sangat agar mempelajari metode pembayaran khusus Anda. Hal ini akan membantu Anda mengetahui yang akan terjadi dan cara mengatasi masalah apa pun yang mungkin timbul. Pelajari opsi penagihan yang tersedia untuk Anda.

Waktu dan frekuensi penagihan

Proses penagihan AdWords cukup berbeda bergantung lokasi, mata uang, dan opsi penagihan yang Anda pilih. Bergantung kriteria ini, Anda mungkin memiliki opsi untuk membayar dengan salah satu cara berikut:

  • Dibebankan secara otomatis setelah iklan Anda berjalan, baik setelah 30 hari maupun ketika Anda mencapai ambang pra-penetapan, mana saja yang lebih dahulu.
  • Melengkapi pembayaran otomatis dengan membayar secara manual setelah iklan berjalan (untuk akun dengan fitur Lakukan Pembayaran).
  • Membayar secara manual untuk pembebanan yang akan datang sebelum iklan Anda berjalan.

Lihat opsi penagihan untuk dipelajari kapan dan bagaimana akun khusus Anda dapat ditagihkan.

Menampilkan tagihan dan faktur

Dalam tab Penagihan Anda akan menemukan laman Ringkasan Penagihan untuk melihat riwayat penagihan dan detail pembayaran. Karena AdWords tidak mengirimkan faktur atau email kepada pengiklan, laman ini adalah tempat untuk mencetak faktur yang merinci biaya AdWords dan juga resi pembayaran. Pilih "Faktur" di samping ikon cetak di samping laman.

Pelajari selengkapnya mengenai laman Ringkasan Penagihan .

Anda dapat juga melihat biaya periklanan yang telah berjalan di kolom "Biaya" pada tab Kampanye Anda.

Pajak Pertambahan Nilai untuk pengiklan UE

Pelajari selengkapnya mengenai PPN

Selanjutnya: iklan AdWords

Dasar-dasar iklan

Konten dan penargetan iklan mungkin hal terpenting untuk dibenahi saat Anda berupaya menjangkau calon pelanggan. Iklan yang jelas, khusus, dan menarik cenderung meyakinkan pengguna agar mengkliknya.


Komponen iklan

Berikut adalah tampilan iklan teks AdWords:

Beriklan dengan Google
Ingin hasil cepat?
Buat kampanye iklan Anda sekarang!
www.adwords.google.com

Setiap iklan terdiri atas beberapa elemen, yakni:

  • Judul: Baris pertama iklan yang berfungsi sebagai tautan ke situs web. Judul terbaik berkaitan langsung dengan kata kunci yang ditelusuri; jadi, coba cantumkan salah satu kata kunci dalam judul.

  • Baris teks: Gunakan kedua baris ini untuk menjelaskan produk atau layanan yang diiklankan. Karena ruang iklan terbatas, jelaskan rincian dan manfaat utama produk atau layanan Anda.

  • URL tayangan: Baris terakhir (teks berwarna hijau) digunakan untuk menunjukkan URL situs web yang dipromosikan. Tujuan utama URL tayangan adalah agar pengguna mengetahui dengan jelas situs web yang akan terbuka saat mengklik iklan.

  • URL tujuan: Anda juga akan menetapkan URL tujuan yang tidak akan ditampilkan di iklan Anda. URL tujuan (disebut juga laman landas) adalah laman sesungguhnya dalam situs web tempat pengguna mengarah langsung dari iklan. Pilih laman situs web paling relevan dengan produk atau layanan yang dijelaskan dalam iklan Anda.

Lihat kiat iklan lainnya

Tempat iklan muncul dan pengguna yang melihatnya

Anda dapat memilih tempat di web yang Anda inginkan untuk menampilkan iklan, apakah hanya pada laman penelusuran Google atau situs web yang relevan di seluruh Jaringan Google. Anda juga dapat mengendalikan pengguna yang dapat melihat iklan. Anda dapat menargetkan iklan kepada pemirsa tertentu melalui setelan kata kunci, bahasa, negara, kawasan, dan lain-lain. Pelajari selengkapnya cara menyetel preferensi di bagian penargetan iklan.

Posisi iklan pada laman

Setelah menargetkan iklan ke pemirsa ideal, posisi iklan pada laman akan bergantung pada Peringkat Iklan. Iklan dengan Peringkat Iklan tertinggi muncul pada posisi pertama, dan begitu seterusnya sepanjang laman. Peringkat Iklan pada laman hasil penelusuran didasarkan pada Angka Mutu dan tawaran biaya per klik (BPK). Pelajari selengkapnya di bagian Angka Mutu.

Selanjutnya: Penargetan iklan

Penargetan iklan

Pastikan bahwa iklan Anda ditargetkan ke pemirsa yang tepat yakni: calon pelanggan Anda. Berikut adalah dasar-dasar penargetan iklan.


Menargetkan dengan kata kunci

Kata kunci adalah cara utama untuk membantu memastikan iklan Anda ditampilkan ke calon pelanggan. Dengan membuat daftar kata kunci yang sangat relevan, Anda dapat menentukan jenis pemirsa yang akan ditargetkan dan memastikan bahwa iklan hanya ditampilkan kepada pengguna yang benar-benar berminat. Kata kunci yang relevan dan khusus akan menjaga kinerja kampanye dan membantu Anda menekan biaya per klik (BPK). Pelajari selengkapnya di bagian kata kunci.

Menargetkan menurut lokasi dan bahasa

Untuk setiap kampanye, Anda akan memilih bahasa pemirsa. Misalnya, toko bunga di Korea cenderung ingin menampilkan iklan dalam bahasa Korea dan kepada pemirsa berbahasa Korea. Anda juga akan menetapkan lokasi pemirsa menurut negara, kawasan, kota, dan area lain yang ditentukan. Milsanya, toko roti di Paris cenderung menargetkan hanya kota Paris, sementara bank nasional di Australia cenderung ingin menargetkan seluruh negara.

Setelah menetapkan opsi penargetan, sistem AdWords akan menentukan pengguna yang akan melihat iklan Anda berdasarkan beberapa faktor: domain Google pengguna (seperti www.google.de atau www.google.co.uk), istilah penelusuran, alamat IP komputer (menaksir lokasi geografisnya), dan setelan preferensi bahasa untuk Google.

Jaringan Google

Untuk setiap kampanye, Anda akan memilih setelan jaringan dan perangkat bagi iklan itu. Setelan ini menentukan tempat di Internet dan jenis perangkat yang akan menampilkan iklan. Pada bagian setelan tab Kampanye, Anda akan melihat opsi utama ini tersedia untuk dipilih:

  • Penelusuran Google: Dengan pilihan ini, iklan Anda dapat muncul di samping penelusuran Google yang cocok dengan kata kunci.

  • Mitra penelusuran: Mengikut Jaringan Penelusuran memungkinkan iklan Anda muncul di produk Google yang lain seperti Grup Google, Google Product Search, serta situs penelusuran yang relevan seperti AOL dan Ask.com.

  • Mitra konten: Masuk ke Jaringan Konten memungkinkan iklan Anda muncul di situs berisi konten terkait iklan itu, termasuk produk Google yang lain seperti Gmail serta situs konten relevan seperti NYtimes.com dan About.com.

  • Perangkat internet: Anda juga dapat memilih apakah iklan dapat muncul hanya di komputer desktop, laptop, iPhones, perangkat seluler dengan peramban internet lengkap, atau semuanya.

Selanjutnya: Membuat iklan yang berhasil

Membuat iklan yang berhasil

Konten iklan akan menentukan apakah pelanggan memilih untuk mengunjungi situs web Anda. Iklan harus menarik perhatian pelanggan dan membuat bisnis terlihat menonjol. Berikut adalah beberapa teknik yang dapat membantu mengembangkan kinerja iklan.


Kiat untuk iklan yang baik

Sebagai kaidah dasar, gunakan teks iklan yang jelas, terangkai baik, dan terarah yang menekankan perbedaan nyata produk atau layanan yang Anda tawarkan dengan pesaingnya.

Berikut ini beberapa kiat untuk membantu Anda membuat teks iklan yang meyakinkan:

  • Buatlah iklan yang sederhana dan menarik.
    Apakah yang membuat istimewa produk atau layanan Anda dibandingkan dengan pesaing? Tekankan butir-butir pembeda penting ini dalam iklan. Pastikan bahwa Anda menguraikan semua fitur atau promosi unik yang Anda tawarkan.

  • Cantumkan harga dan promosi.
    Semakin banyak informasi tentang produk yang dapat pengguna gali dari teks iklan, semakin baik. Misalnya, jika pengguna melihat harga produk dan masih mengklik iklan, Anda tahu bahwa mereka mungkin tertarik untuk membeli pada harga itu. Jika tidak menyukai harganya, mereka tak akan mengklik iklan, dan Anda menghemat biaya untuk klik itu.

  • Gunakan ajakan bertindak yang meyakinkan.
    Iklan harus berisi ajakan bertindak dan manfaat dari produk atau layanan. Ajakan bertindak akan mendorong pengguna mengklik iklan dan memastikan bahwa mereka memahami dengan tepat tindakan yang diharapkan saat membuka laman landas. Beberapa frasa ajakan bertindak adalah Beli, Telepon sekarang juga, Pesan, Lihat, Daftarkan, dan Minta penawaran; sementara walaupun 'temukan' dan 'telusuri' mungkin kata kerja yang benar, keduanya menyiratkan bahwa pengguna masih dalam modus melihat-lihat, dan mungkin tidak mendorong pengguna melakukan tindakan yang paling Anda inginkan.

  • Sertakan salah satu kata kunci dalam teks iklan.
    Temukan kata kunci berkinerja terbaik di grup iklan dan sertakan dalam teks iklan, khususnya dalam judul. Ketika pengguna mengetik kata kunci itu dan melihat iklan Anda di Google, frasa kata kunci akan muncul dengan huruf tebal. Ini membantu menarik perhatian pengguna ke iklan Anda dan akan menunjukkan kepada mereka bahwa iklan memiliki kaitan dengan penelusuran.

  • Pilih URL tujuan terbaik.
    Tinjau situs web yang Anda iklankan dan temukan laman khusus yang memiliki informasi atau produk yang diuraikan dalam iklan. Jika tidak menemukan hal yang dijanjikan segera setelah sampai, pengguna sangat mungkin akan meninggalkan situs web Anda. Pastikan bahwa setiap promosi dan produk tertentu yang telah dijelaskan dalam iklan dapat terlihat di laman landas.

  • Ujilah lebih dari satu iklan dalam setiap grup.
    Lakukan percobaan dengan berbagai tawaran dan istilah ajakan bertindak untuk mengetahui mana yang paling efektif bagi tujuan Anda beriklan. Sistem kami menggilir iklan secara otomatis di dalam grup iklan dan menampilkan lebih sering iklan yang berkinerja baik.

Mencari iklan

Pastikan bahwa iklan Anda tampil kepada pengguna. Gunakan alat dan proses ini setiap kali Anda ingin mempratinjau iklan atau mengetahui status berjalannya.


Melihat pratinjau iklan

Gunakan Alat Pratinjau Iklan untuk melihat tampilan iklan di Google. Cukup kunjungi www.google.co.id/AdPreview , lalu pilih opsi yang tepat di bagian atas untuk mengetahui dengan pasti iklan yang tampil bagi kata kunci di lokasi yang ditentukan.

Sebaiknya tampilkan iklan Anda melalui Alat Pratinjau Iklan alih-alih penelusuran Google biasa. Bila Anda menelusuri iklan beberapa kali di Google, posisi iklan dapat terpengaruh karena hal itu menaikkan tayangan iklan dan menurunkan rasio klik-tayang (RKT). Sanksi kinerja ini tidak dikenakan bila Anda menggunakan Alat Pratinjau Iklan. Maka, gunakan alat ini setiap kali Anda ingin melihat iklan.

Waktu dan tempat iklan diharapkan muncul

Iklan Anda mungkin tidak tampil setiap saat. Hal ini wajar. Biasanya kami akan menyebar tampilan iklan sepanjang hari sehingga tidak perlu khawatir jika Anda tidak melihat iklan tampil setiap saat. Begitu anggaran harian tercapai, iklan biasanya berhenti ditayangkan agar tidak menimbulkan biaya tambahan. Jika Anda menginginkan iklan tampil lebih sering, coba naikkan anggaran.

Beberapa hal akan menentukan waktu dan tempat penayangan iklan. Berikut ini beberapa hal utamanya:

Penargetan: Iklan hanya akan tampil kepada pengguna yang Anda targetkan, yakni mereka yang menelusuri kata kunci Anda dalam bahasa dan lokasi yang Anda pilih. Pastikan bahwa Anda telah memilih bahasa dan lokasi yang benar untuk menargetkan iklan kepada calon pelanggan. Pelajari selengkapnya di bagian penargetan iklan.

Tinjauan persetujuan iklan: Meskipun beberapa iklan mungkin berjalan di Google sebelum ditinjau, iklan lainnya mungkin tidak berjalan sama sekali hingga selesai ditinjau sesuai dengan kebijakan periklanan kami. Harap bersabar sementara iklan Anda sedang ditinjau. Jika disetujui, iklan akan mulai berjalan dan Anda akan melihat tayangan yang diterima dalam statistik akun. Periksa status persetujuan setiap hari dengan melihat kolom Status di tab Iklan laman Kampanye.

Posisi iklan: Jika peringkatnya tidak cukup tinggi, maka iklan mungkin tidak muncul pada laman pertama hasil penelusuran Google. Peringkat iklan ditentukan oleh mutu (atau Angka Mutu) iklan dan biaya per klik maksimum yang Anda tetapkan. Google tidak menayangkan iklan yang sama pada setiap laman. Maka, iklan Anda mungkin muncul pada laman kedua, ketiga, atau selanjutnya. Jika Anda ingin agar iklan muncul pada laman pertama, sebaiknya pelajari selengkapnya Angka Mutu dan lihat saran kinerja.

Iklan tidak terlihat?

Jika Anda tidak dapat melihat iklan, gunakan Alat Diagnostik Iklan untuk mengetahui apakah iklan berjalan atau tidak. Jika tidak, alat ini akan membantu Anda mengetahui alasannya.

Anda dapat menggunakan alat ini setiap saat dari dalam akun. Navigasikan ke kampanye yang dimaksud, lalu klik tab Kata Kunci. Dalam kolom Status di samping kata kunci, klik ikon balon untuk melihat laporan status. Atau, buka langsung Alat Diagnostik Iklan

Selanjutnya: Kata Kunci

Dasar-dasar kata kunci

Kata kunci yang Anda pilih digunakan untuk menargetkan iklan ke calon pelanggan. Dengan membuat daftar kata kunci yang sangat relevan, Anda dapat menampilkan iklan hanya kepada pengguna yang benar-benar berminat, membantu meningkatkan kinerja dan mempertahankan biaya tetap rendah.


Cara kerja kata kunci

Kata kunci adalah kata atau frasa yang digunakan calon pelanggan saat menelusuri produk atau layanan Anda. Kata kunci memungkinkan Anda untuk menargetkan iklan ke pemirsa yang Anda inginkan.

Misalnya, jika bisnis Anda menjual kamera secara daring, Anda dapat menggunakan "beli kamera digital" sebagai kata kunci dalam kampanye AdWords. Bila pengguna Google memasukkan "beli kamera digital" dalam penelusuran Google, iklan Anda dapat muncul di samping hasil penelusuran. Iklan juga dapat muncul di situs dan produk dalam Jaringan Google yang terkait dengan kata kunci Anda.

Dengan membuat daftar kata kunci yang sangat relevan, Anda dapat menampilkan iklan hanya kepada pengguna yang benar-benar berminat. Hal ini akan meningkatkan kinerja iklan dan membantu Anda menekan biaya per klik (BPK). Pelajari caa membuat dan mengedit kata kunci .

Mutu kata kunci

Kata kunci Anda harus relevan dan bermutu tinggi. Kata kunci yang terlalu umum akan membuatnya sulit menjangkau calon pelanggan, dan iklan Anda mungkin akan kurang menguntungkan.

Berikut adalah tiga kiat terpopuler untuk membantu Anda meningkatkan mutu kata kunci:

  1. Pilih kata kunci dengan saksama. Pastikan kata kunci khusus dan langsung terkait dengan tema iklan dan laman arahan untuk pelanggan. Kata kunci dengan dua atau tiga kata cenderung berfungsi paling efektif.

  1. Cantumkan variasi yang relevan dari kata kunci terbaik, termasuk versi tunggal dan jamak. Jika sesuai, pertimbangkan penggunaan istilah nonformal, sinonim, dan nomor seri atau produk.

  1. Tetapkan kata kunci yang khusus. Kata kunci yang terlalu luas atau umum tidak akan menjangkau pengguna seefektif kata kunci yang sangat bertarget.

Lihat kiat kata kunci lainnya

Penawaran kata kunci

Kata kunci juga membantu jumlah yang Anda bayar. Setiap kata kunci Anda akan memiliki jumlah tawaran BPK. Tawaran ini menetapkan jumlah maksimum yang bersedia Anda bayarkan setiap kali pengguna mengklik iklan. Ini disebut dengan biaya per klik maksimum (BPK Maks.).

Pertimbangkan untuk menggunakan penawaran otomatis , disarankan bagi pengguna yang baru mulai menggunakan AdWords. Anda menetapkan target anggaran 30 hari, dan AdWords akan menyetel tawaran untuk Anda guna memberikan sebanyak mungkin klik dalam batas anggaran itu. Atau, jika ingin lebih mengendalikan tawaran kata kunci, Anda dapat memilih penawaran manual agar dapat menetapkan setiap tawaran.

Saat menyetel tawaran maksimum BPK, pertimbangkan nilai klik. Seberapa bernilaikah kunjungan pengguna ke situs web Anda? Jika tinggi, maka Anda mungkin ingin menetapkan tawaran yang lebih tinggi. Secara umum, tawaran BPK yang lebih tinggi memungkinkan iklan tampil pada posisi lebih tinggi di laman. Namun, BPK maksimum hanya merupakan salah satu faktor yang memengaruhi posisi iklan. Pelajari selengkapnya

Tidak. Skor Kualitas kata kunci membantu Anda menentukan posisi iklan pada halaman hasil pencarian. Meskipun pesaing Anda membayar BPK (biaya per klik) maksimum yang lebih tinggi, Anda dapat memperoleh penempatan teratas pada biaya rendah dengan kampanye, teks iklan, dan kata kunci yang sangat bertarget.

Kami sangat mengutamakan kualitas hasil pencarian. Dengan memberikan BPK yang lebih rendah bagi kata kunci berkualitas tinggi kepada pengiklan sebagai penghargaan, kami memastikan pengguna (dan calon pelanggan Anda di masa mendatang) memperoleh hasil terbaik untuk pencarian mereka. Hal ini juga menyediakan pasar yang layak bagi semua pengiklan, berapa pun ukuran atau anggarannya.

Untuk selengkapnya tentang cara meningkatkan Skor Kualitas, buka halaman Tips Pengoptimalan kami. Tindakan ini akan membantu Anda meningkatkan posisi iklan tanpa menambah BPK maksimum.

Jika Anda ingin menetapkan tawaran, coba alat dalam akun untuk menentukan jumlah tawaran yang akan membantu Anda mencapai sasaran:

  1. Gunakan Penaksir Lalu Lintas untuk mendapat gambaran nilai tawaran BPK yang bersaing bagi kata kunci Anda. Anda akan melihat taksiran peringkat iklan rata-rata berdasarkan jumlah tawaran yang Anda masukkan.
  2. Gunakan taksiran tawaran laman pertama untuk mengetahui kira-kira nilai yang harus Anda tawarkan untuk kata kunci (bergantung pada Angka Mutu) agar dapat memicu iklan pada laman pertama hasil penelusuran.

Kata kunci negatif

Terdapat jenis lain kata kunci yang berfungsi dengan cara berbeda. Kata kunci negatif membantu memastikan iklan Anda tidak tampil untuk penelusuran yang mencantumkan istilah itu. Kata kunci negatif bekerja serentak dengan kata kunci biasa untuk menargetkan iklan hanya kepada pemirsa yang Anda inginkan. Misalnya, tambahkan "gratis" sebagai kata kunci negatif jika ingin memastikan iklan Anda tidak ditampilkan kepada pengguna yang mencari produk gratis. Kata kunci negatif berisi tanda hubung di bagian depan kata kunci seperti -gratis.

Selanjutnya: Membuat kata kunci yang berhasil

Membuat kata kunci yang berhasil

Ada beberapa cara mudah memfungsikan daftar kata kunci untuk situs web. Ikuti langkah-langkah di bawah untuk memastikan iklan Anda berjalan secara maksimal.


Kiat untuk kata kunci yang baik

1. Buat daftar awal

Pertama, tinjau situs web Anda untuk mengidentifikasi frasa dan istilah yang menerangkan kategori utama bisnis Anda. Tulis setiap kata kunci yang relevan dalam setiap kategori yang telah Anda tentukan. Perluas daftar tersebut dengan mencantumkan semua nama merek dan produk serta bentuk jamak dan sinonim untuk setiap kata kunci atau frasa pada daftar awal Anda. Jangan khawatir tentang kapitalisasi karena sistem kami tidak peka terhadap huruf besar kecil.

Kiat: Berpikirlah seperti pelanggan. Istilah atau frasa apakah yang akan digunakan pelanggan untuk menerangkan produk atau layanan Anda?

Jika Anda masih mencari kata kunci lainnya setelah penemuan awal, coba Alat Kata Kunci kami. Alat tersebut terdapat pada tab Alat di akun Anda, atau buka Alat Kata Kunci .

2. Kelompokkan kata kunci serupa

Kelompokkan kata kunci Anda ke dalam tema berdasarkan produk, layanan, atau kategori lainnya. Kata kunci dapat dikelompokkan berdasarkan produk dan istilah deskriptif. Misalnya, jika menjual elektronik, Anda dapat memisahkan kata kunci untuk produk berbeda seperti kamera dan televisi, serta memisahkan kata kunci dengan istilah berbeda seperti kata kunci yang menggunakan istilah "kamera video" dan "camcorder".

Setiap grup kata kunci harus langsung cocok dengan teks iklan yang dipicu bila pengguna menelusuri Google. Untuk melakukannya, buat grup iklan terpisah bagi setiap grup kata kunci bertema. Setelah itu, buat iklan yang benar-benar cocok dengan tema itu. Anda dapat membuat beberapa grup iklan seperti ini agar pengguna selalu melihat teks iklan yang benar-benar terkait dengan kata kunci yang dicarinya.

3. Sempurnakan dan tambahkan kata kunci negatif

Kata kunci yang terlalu luas bisa menurunkan kinerja dengan menghasilkan banyak tayangan iklan namun sedikit klik. Untuk menghindari hal itu, hapus kata kunci umum pada daftar yang bisa dikaitkan dengan rentang produk atau jasa yang luas. Hapus juga kata kunci yang terlalu umum, tidak relevan, atau tidak jelas.

Kiat: Kata kunci satu-kata cenderung terlalu umum; jadi, coba gunakan frasa dua atau tiga kata.

Anda juga harus menambahkan kata kunci negatif. Kata kunci negatif akan mencegah penayangan iklan bila kata atau frasa yang Anda tentukan merupakan bagian istilah penelusuran. Misalnya, jika Anda menetapkan -gratis sebagai kata kunci (dengan tanda hubung di bagian depan istilah untuk menetapkannya sebagai negatif), iklan Anda tidak akan tampil untuk penelusuran apa pun yang mencantumkan istilah "gratis".

Selanjutnya: Dasar-dasar kinerja

Dasar-dasar kinerja

Dengan Google AdWords, yang penting adalah hasil. Pastikan Anda mengetahui hal yang ingin diperoleh dari kampanye iklan, lalu rencanakan cara mengukur keberhasilan itu.


Hal yang harus dilacak

Beberapa hal utama perlu dipantau untuk menilai kinerja kampanye.

  1. Apakah iklan Anda berjalan? Pelajari selengkapnya di bagian mencari iklan

  1. Apakah Angka Mutu Anda baik? Pelajari selengkapnya di bagian Angka Mutu

  1. Apakah Anda memperoleh keuntungan? Pelajari selengkapnya di bagian menghitung keuntungan

  1. Apakah Anda memenuhi sasaran? Pelajari selengkapnya di bawah.

Ketahui sasaran iklan Anda

Sebelumnya, Anda harus memahami sasaran iklan. Apakah yang ingin Anda capai dengan AdWords dan apakah cara terbaik mengukur keberhasilan Anda?

Berikut ini adalah beberapa sasaran umum dan contoh cara untuk mengukur setiap sasaran:

  • Sasaran: Meningkatkan kunjungan berkualitas ke situs web Anda
    Ukuran: Gunakan tabel dan grafik pada tab Kampanye untuk melacak jumlah klik yang diperoleh iklan.

  • Sasaran: Meningkatkan penjualan, arahan, unduhan, dan langganan
    Ukuran: Tambahkan pelacakan konversi ke laporan rutin untuk melacak jumlah klik yang mengarah ke tindakan bernilai seperti menjual atau mendaftar.

  • Sasaran: Meningkatkan laba atas investasi
    Ukuran: Tambahkan Google Analytics ke laporan rutin untuk melacak iklan, kata kunci, dan laman situs Anda yang paling menghasilkan keuntungan.

Pelajari selengkapnya alat laporan di bawah dan di bagian menghitung keuntungan.

Laporan dasar

Grafik ringkasan kinerja tersedia pada sebagian besar tab dari tab Kampanye. Grafik ini memudahkan pelacakan data yang Anda minati. Anda juga dapat mengetahui dengan cepat perubahan kinerja sepanjang waktu. Pilih hingga dua metrik sekaligus, lalu grafikkan kinerjanya selama rentang tanggal yang Anda pilih.

Selanjutnya: Menilai kinerja

Mengukur keberhasilan

Keberhasilan dengan AdWords mungkin terlihat berbeda untuk setiap pengiklan, bergantung pada sasaran bisnis masing-masing. Namun, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan yang akan menunjukkan apakah kinerja iklan dan kata kunci Anda baik.


Kinerja iklan

  • Status iklan: Lihat tab Iklan untuk mengetahui jika iklan Anda berjalan. Dalam kolom Status pada tabel, Anda akan menemukan informasi tentang status aktif setiap iklan. Klik ikon balon kata untuk membaca ringkasan status iklan.
  • Rasio klik-tayang: Untuk mengetahui status iklan dengan cepat, periksa rasio klik-tayang (RKT) pada tab Iklan. Ini akan menunjukkan frekuensi pengguna yang mengklik iklan Anda setelah melihatnya. Sebagai acuan sederhana, RKT di bawah 1% di Google dan Jaringan Penelusuran menunjukkan bahwa iklan Anda tidak ditargetkan ke pemirsa yang relevan. Jika RKT lebih rendah dari 1%, coba tingkatkan iklan Anda menggunakan kiat iklan ini.
  • Laporan Kinerja Iklan: Laporan ini dapat digunakan untuk menampilkan data kinerja setiap iklan mencakup posisi rata-rata, klik, penayangan, RKT, dan biaya. Pelajari selengkapnya laporan Kinerja Iklan .
  • Membandingkan variasi iklan: Jika memiliki beberapa iklan dalam grup iklan, iklan Anda akan digilir dan ditayangkan bergantian. Dengan membandingkan kinerja berbagai iklan, Anda dapat mengetahui hal yang paling menarik bagi pelanggan. Misalnya, mengetahui iklan dengan RKT tertinggi dan meningkatkan iklan dengan RKT terendah. Sebaiknya uji antara dua dan empat iklan dalam satu grup sekaligus.

Kinerja kata kunci

Anda dapat mengetahui kinerja kata kunci dengan memantau hal-hal ini:

  • Status Kata Kunci: Lihat tab Kata Kunci untuk mengetahui ikhtisar kinerja kata kunci dan status setiap kata kunci. Status "Layak" berarti kata kunci Anda layak memicu iklan. Klik ikon dalam kolom status untuk melihat rincian lain tentang kinerja kata kunci.
  • Rasio klik-tayang: Salah satu metrik terpenting yang harus dihitung adalah rasio klik-tayang (RKT) yang dapat Anda temukan pada tab Kata Kunci di akun. Kata kunci yang terlalu umum dan menghasilkan RKT kurang dari 1% di Google dan Jaringan Penelusuran seringkali dapat ditingkatkan. Anda mungkin ingin menghapus kata kunci itu dan menambahkan kata kunci yang lebih khusus dan bertarget.
  • Kolom Angka Mutu: Kolom statistik kampanye ini menampilkan Angka Mutu kata kunci untuk membantu memantau kinerjanya. Kolom ini dinonaktifkan secara bawaan di akun baru, namun Anda dapat menampilkannya di statistik akun dengan membuka tab Kata Kunci lalu mengklik "Ubahsuaikan kolom".
  • Laporan kueri penelusuran: Pada setiap tab Kata Kunci, Anda akan melihat istilah penelusuran sebenarnya yang mengarahkan lalu lintas ke iklan Anda. Klik "lihat istilah penelusuran" untuk memperoleh laporan penelusuran yang memicu iklan Anda. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk mengetahui kata kunci yang paling berhasil dan mencari kata kunci baru untuk ditambahkan. Jika melihat bahwa istilah yang tidak relevan memicu iklan, Anda dapat menambahkannya sebagai kata kunci negatif agar iklan tidak ditayangkan menggunakan istilah ini.

Perhatikan bahwa kinerja iklan dan kata kunci dapat berfluktuasi. Lalu lintas web akan berubah-ubah setiap hari, dan gejolak yang wajar ini mungkin memengaruhi kinerja kampanye. Selain itu, kejadian terkini dapat sangat memengaruhi jumlah penayangan dan klik yang Anda peroleh.

Selanjutnya: Menghitung profit

Menghitung keuntungan

Dengan melacak tindakan pengguna pada situs web setelah mengklik iklan, Anda dapat menentukan jawaban atas pertanyaan penting: Apakah kampanye saya mencetak untung? Kami memiliki dua alat gratis untuk membantu menjawab pertanyaan itu.


Laba atas investasi (ROI)

ROI adalah rasio biaya terhadap keuntungan. ROI biasanya merupakan metrik terpenting bagi pengiklan karena didasarkan pada sasaran iklan yang khusus dan menunjukkan pengaruh nyata upaya iklan pada bisnis. ROI diperoleh dari konversi: tindakan pelanggan yang Anda anggap bernilai seperti pembelian, pendaftaran, kunjungan situs web, atau prospek. Selengkapnya tentang ROI

Laba atas Investasi (dikenal sebagai ROI) adalah rasio biaya iklan dibandingkan dengan laba yang dihasilkan dari konversi seperti penjualan atau arahan. ROI Anda akan menunjukkan nilai yang diperoleh bisnis Anda sebagai pengganti biaya promosi iklan Anda.

Meskipun perkiraan yang tepat tidak mungkin diperoleh, Anda dapat membantu menilai ROI promosi Anda menggunakan penghitungan sebagai berikut: pendapatan dari penjualan Anda, kurangi dengan biaya iklan, kemudian bagi dengan biaya iklan total Anda.

(Pendapatan - Biaya) / Biaya

Misalnya, Anda ingin mengarahkan pengguna ke situs Web untuk menghasilkan penjualan gadget Anda, yang akan menghasilkan laba sebesar $10 per gadget yang terjual. Anda berinvestasi sebesar $1000 dalam promosi iklan selama seminggu terakhir, dan sebagai hasilnya, Anda menjual 130 gadget. Pendapatan Anda dari penjualan atau laba total adalah sebesar $1300 (laba sebesar $10 dibagi dengan 130 unit). Sehingga, kurangi biaya promosi iklan sebesar $1000 dari laba Anda sebesar $1300 agar menghasilkan $300. Jumlah sebesar $300 adalah laba sebagai hasil dari investasi periklanan awal Anda sebesar $1000. ROI Anda, dalam bentuk persentase investasi awal adalah 30% (300/1000, dikali dengan 100).

Gunakan perangkat Pelacakan Konversi untuk membantu melacak ROI Anda.

Pelajari cara meningkatkan konversi dan meningkatkan ROI Anda.

Pelajari cara menentukan tawaran strategis untuk memaksimalkan ROI Anda.

Pelacakan konversi

Konversi terjadi saat pengguna merampungkan suatu tindakan di situs web, misalnya membeli sesuatu atau meminta informasi lebih lanjut. Melacak konversi akan memungkinkan Anda mengetahui jumlah pembelian yang terjadi dan penghasilan yang diperoleh dari iklan AdWords.

Gunakan fitur pelacakan konversi gratis di akun AdWords untuk mengetahui dengan cepat jumlah penjualan dan prospek yang dihasilkan iklan AdWords. Dengan mengetahui tingkat laba iklan alih-alih sekadar lalu lintas dan klik yang diarahkan, Anda dapat melakukan berbagai hal, misalnya:

  • membuat keputusan lebih cerdas untuk penawaran dan penganggaran
  • menandai perubahan strategis pada teks iklan dan kata kunci
  • memastikan bahwa upaya iklan mencetak untung

Untuk memulai, pilih tab Laporan akun, klik Konversi dari menu yang muncul, lalu ikuti petunjuk. Buka laman pelacakan konversi sekarang, atau lihat panduan penyiapan pelacakan konversi di pusat bantuan kami.

Google Analytics

Alat ini akan membantu Anda mempelajari cara pelanggan berinteraksi dengan situs web Anda. Google Analytics adalah alat analisis web gratis yang memberikan laporan mendalam tentang kegiatan penggunaan situs web dan pemasaran daring. Ini dapat membantu Anda dengan berbagai cara seperti:

  • meningkatkan kinerja AdWords
  • meningkatkan desain dan keefektifan situs web
  • mengenali preferensi dan kegiatan pengunjung di situs web Anda
  • melacak situs web dan mesin telusur yang mengarahkan pengguna ke situs Anda

Untuk memulai, klik tab Laporan, lalu "Google Analytics", dan ikuti petunjuk. Atau lihat panduan konfigurasi Analytics di pusat bantuan kami.

Selanjutnya: Meningkatkan kinerja

Meningkatkan kinerja

Kami ingin agar Anda memperoleh hasil terbaik dari kampanye AdWords. Untuk memperoleh hasil yang memuaskan, Anda harus mengoptimalkan kampanye secara berkala guna memastikan bahwa kampanye berkinerja maksimal.


Kiat untuk meningkatkan kinerja

Berikut adalah beberapa kiat dan strategi untuk membantu Anda meraih keberhasilan dengan kampanye iklan. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui kiat tentang subjek itu, lalu coba terapkan kiat mana pun yang tampaknya sesuai bagi kampanye iklan Anda.

Iklan

Konten iklan Anda harus menarik perhatian pengguna dan membuat bisnis Anda terlihat menonjol.

Sertakan kata kunci dalam teks iklan Anda (untuk iklan bertarget kata kunci).
Sertakan kata kunci dalam teks iklan Anda (khususnya judul) untuk menunjukkan kepada pengguna bahwa iklan Anda terkait dengan pencarian mereka. Jika iklan Anda tampil saat pengguna mencari kata kunci dalam grup iklan, kata kunci tersebut akan muncul dalam huruf tebal pada teks iklan Anda. Pengguna juga cenderung mencari produk dan layanan, jadi hindari penggunaan nama perusahaan dalam judul iklan, kecuali jika tujuan Anda adalah pengenalan nama merek/perusahaan.

Buat iklan yang sederhana dan menarik.
Apa yang membuat produk atau layanan Anda istimewa dibandingkan pesaing? Tekankan hal penting yang membedakan ini dalam iklan Anda. Pastikan Anda menjelaskan fitur atau promosi unik yang Anda tawarkan.

Gunakan ajakan bertindak yang menarik.
Iklan Anda harus berisi ajakan bertindak dan manfaat produk atau layanan Anda. Ajakan bertindak akan mendorong pengguna untuk mengklik iklan Anda dan memastikan bahwa mereka memahami dengan tepat tentang tindakan yang diharapkan dari mereka saat membuka halaman arahan Anda. Beberapa teks ajakan bertindak adalah Beli, Jual, Pesan, Telusuri, Sign up, dan Dapatkan Harga.

Uji beberapa iklan dalam setiap grup iklan.
Lakukan percobaan dengan berbagai tawaran dan teks ajakan bertindak untuk melihat iklan yang paling efektif bagi tujuan iklan Anda. Sistem kami akan secara otomatis menggilir iklan dalam grup iklan dan lebih sering menampilkan iklan dengan performa yang lebih baik.

Lihat kiat lain untuk iklan di bagian membuat iklan yang berhasil.

Kata kunci

Semakin relevan kata kunci dengan sasaran, Anda akan semakin mudah menjangkau calon pelanggan.

Memilih kata kunci dengan saksama.
Cantumkan kata kunci khusus yang terkait langsung dengan tema khusus grup iklan dan laman arahan Anda. Untuk visibilitas iklan yang optimal, sertakan variasi kata kunci yang relevan dengan bentuk tunggal dan jamaknya. Jika dibolehkan, pertimbangkan penggunaan istilah sehari-hari, ejaan alternatif, sinonim, dan nomor seri atau produk. Alat Kata Kunci dapat membantu membuat daftar kata kunci yang mungkin.

Memanfaatkan opsi pencocokan kata kunci.
Dengan sebagian kata kunci, Anda akan mendapatkan lebih banyak tayangan iklan, sedangkan dengan sebagian lainnya, Anda akan mendapatkan lebih sedikit tayangan, namun berpotensi klik lebih besar. Bila menggunakan opsi pencocokan kata kunci dengan baik, Anda akan dapat menjangkau calon pelanggan yang paling sesuai, mengurangi BPK atau BPT sebenarnya secara potensial, dan meningkatkan ROI. Misalnya, gunakan kata kunci negatif untuk mengurangi tayangan iklan yang tidak relevan dan meningkatkan Angka Mutu.

Menggunakan URL kata kunci yang unik.
URL tujuan kata kunci membawa pengguna ke laman arahan tertentu untuk memastikan bahwa pelanggan Anda segera membuka laman yang paling relevan dengan kata kunci yang memicu iklan Anda. Edit setiap URL kata kunci dengan mengklik 'Edit Setelan Kata Kunci' di atas tabel kata kunci.

Lihat kiat lain untuk kata kunci di bagian membuat kata kunci yang berhasil.

Pengaturan kampanye

Account dengan struktur yang baik dapat dikelola dengan mudah dan digunakan untuk menargetkan khalayak secara efektif.

Mengatur kampanye menurut topik.
Buat kampanye terpisah untuk setiap baris produk, sumber daya, atau merek. Tindakan ini akan membantu Anda memantau iklan dengan lebih mudah dan melakukan penyesuaian yang diperlukan untuk meningkatkan performa kampanye. Tetapkan tujuan yang ingin diperoleh melalui masing-masing kampanye. Setelah itu, atur kampanye berdasarkan tujuan tersebut. Lihat diagram dan ketahui selengkapnya tentang struktur account Anda.

Menargetkan bahasa dan lokasi yang tepat.
Untuk setiap kampanye, Anda dapat menargetkan iklan ke bahasa dan lokasi tertentu (sekaligus memilih anggaran dan pengaturan lainnya). Pastikan Anda hanya menargetkan bahasa dan lokasi yang relevan dengan bisnis Anda. Misalnya, jika Anda mengirimkan produk ke lokasi dalam jarak tertentu dari perusahaan, targetkan negara, teritori, kawasan, atau kota yang terkait dengan wilayah tersebut, bukan 'Semua Negara'.

Membuat grup iklan yang sangat spesifik.
Sama seperti kampanye, setiap grup iklan harus berpusat pada satu produk atau layanan agar iklan dapat dipastikan menjangkau pengguna yang paling memenuhi syarat. Buat daftar kata kunci atau penempatan, kemudian tempatkan pada grup iklan yang terkait. Buat iklan yang terkait langsung dengan daftar tersebut. Misalnya, jika Anda menjual pemutar mp3 dan mengatur kampanye menurut merek, buat beberapa grup iklan berdasarkan model setiap merek.

Menghindari kata kunci yang sama dalam grup iklan.
Google hanya menampilkan satu iklan untuk setiap pengiklan dengan kata kunci tertentu, sehingga Anda tidak perlu menyertakan kata kunci yang sama dalam grup iklan atau kampanye yang berbeda. Kata kunci yang sama akan saling bersaing dan kata kunci berperforma lebih baik akan memicu iklan Anda.

Lihat kampanye contoh yang mengiklankan satu produk/layanan dan beberapa produk/layanan.

Situs web

Pada akhirnya, situs Web Anda akan menentukan tingkat konversi iklan, karena itu pastikan situs Anda dirancang agar pengguna dapat menyelesaikan tindakan yang diinginkan.

Tunjukkan halaman arahan yang tepat kepada pengguna.
Pengguna Internet pada umumnya akan memutuskan dengan cepat apakah mereka ingin tetap berada di salah satu situs Web atau pindah ke situs yang lain. Saat pengguna mengklik iklan, mereka akan membuka halaman arahan yang menampilkan dengan jelas informasi atau produk yang ditawarkan oleh iklan Anda. Jika pengguna tidak segera menemukan hal yang membuat mereka mengklik iklan, maka mereka akan cenderung meninggalkan situs tanpa melakukan konversi.

Uji efektivitas konten situs Anda.
Daripada hanya menebak konten halaman Web yang akan mengarah ke konversi terbanyak, sebaiknya Anda mencoba Pengoptimal Situs Web. Perangkat ini dapat Anda gunakan untuk menguji berbagai versi teks, gambar, dan tata letak halaman arahan atau halaman Web lainnya. Hasilnya akan menunjukkan versi paling efektif untuk meningkatkan konversi halaman dan meningkatkan laba atas investasi Anda.

Evaluasi desain situs Anda.
Perhatikan seluruh tata letak dan fungsi situs Anda. Situs yang menarik, mudah dinavigasi, dan informatif cenderung lebih menguntungkan. Anda dapat mempertimbangkan penggunaan Google Analytics untuk mengetahui performa situs Anda.

Perhatikan pengalaman pengguna.
Tempatkan pengalaman pengguna pada prioritas yang tinggi saat mendesain atau mendesain ulang halaman arahan dan situs Web Anda. Misalnya:

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara menyediakan pengalaman pengguna yang berkualitas bagi pengunjung Anda, baca panduan untuk halaman arahan dan kualitas situs.

Setelah selesai, pelajari cara mengukur keberhasilan dan melacak keefektifan perubahan.

Selanjutnya: Bantuan dan sumber informasi

Mencari bantuan dan saran

Ada masalah dengan akun AdWords atau hanya ingin tahu lebih banyak? AdWords menawarkan inang sumber pemecahan masalah dan pembelajaran bagi Anda


Sumber bantuan dan pembelajaran

  • Pusat Bantuan -- Temukan jawaban ringkas masalah umum dan pelajari selengkapnya area minat.

  • Forum bantuan AdWords -- Forum diskusi tempat pengiklan saling membantu dan berbagi kiat untuk menggunakan AdWords.

  • Laman masalah teknis -- Temukan informasi terbaru tentang masalah teknis yang memengaruhi pengiklan AdWords.

  • Glosarium AdWords -- Merasa asing dengan beberapa istilah yang kami gunakan? Temukan definisinya di sini.

Memperluas pengetahuan

  • Blog Seluk-Beluk AdWords -- Mengetahui perkembangan terbaru di AdWords dengan berlangganan blog AdWords resmi. Menjadi pengguna pertama yang mengetahui tentang fitur baru dan perubahan produk.

  • AdWords Webinar -- Memperoleh pelatihan AdWords langsung dari komputer Anda. AdWords webinar adalah tutorial daring yang diberikan Pakar AdWords Google.

  • Memperoleh nawala resmi dan saran -- Ingin memperoleh informasi tentang perubahan yang disarankan agar Anda dapat meningkatkan kinerja kampanye? Pastikan bahwa Anda terdaftar untuk menerima kiat, pembaruan, atau nawala dari kami.

Kebijakan program

  • Syarat dan Ketentuan -- Partisipasi dalam program Google AdWords menandakan bahwa Anda menyetujui Syarat dan Ketentuan ini.

  • Kebijakan Privasi -- Kebijakan Privasi Google yang berlaku untuk semua produk, layanan, dan situs web yang ditawarkan oleh Google.

Dukungan AdWords

Jika mengalami masalah dengan akun AdWords, terdapat beberapa cara untuk memperoleh bantuan. Cara tercepat memperoleh jawaban adalah melalui Pusat Bantuan yang disebutkan di atas. Jika tidak menolong, Anda dapat menghubungi kami secara langsung. Meskipun tidak selalu menawarkan dukungan telepon, kami memberikan dukungan email untuk masalah tertentu serta obrolan daring bila tersedia. Hubungi kami jika ada pertanyaan tentang akun Anda.



0 komentar :

Posting Komentar

Paling dicari